Penyebab Asam Urat Dan Gejalanya

By | February 11, 2016

Penyebab Asam Urat Dan Gejalanya

Penyebab Asam Urat Dan Gejalanya – Apakah anda pernah merasakan rasa sakit secara tiba tiba dan sangat mengganggu anda pada bagian sendi, terutama di jempol kaki di sertai dengan bengkak kemerahan ?, Apabila anda pernah berarti anda menderita penyakit asam urat. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai penyakit asam urat, penyebab dan gejalanya di postingan ini.

Penyebab Asam Urat Dan GejalanyaAsam urat adalah sisa dari metabolisme pada zat purin yang asalnya dari makanan yang telah di konsumsi oleh tubuh. Apa Itu Purin ?. Purin merupakan suatu zat yang asalnya dari mahluk hidup yang ada pada makanan.

Penyakit asam urat diakibatkan karena berlebihnya zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Dengan kata lain dalam tubuh mahluk hidup terdapat zat purin, lalu karena kita memakan mahluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.

Berbagai sayuran dan buah buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya senyawa asam urat dari zat purin yang tidak bisa dikeluarkan dengan baik karena jumlahnya terlalu banyak. Dan ketika jumlah asam urat semakin banyak, maka rasa sakit yang akan di rasakan di sendi akan semakin terasa.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab asam urat :

  • Makanan

Selain ada jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol tinggi dan gula, ada juga jenis makanan yang mengandung asam urat tinggi dan makanan ini menjadi bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat.

  • Penyakit

Yang menderita penyakit gula darah ataupun darah tinggi, juga merupakan menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat ini diakibatkan karena suatu penyakit bisa menyulitkan senyawa asam urat di dalam tubuh susah untuk keluar.

  • Minuman Keras

Zat atau kandungan yang terdapat di minuman keras bisa menimbulkan banyak penyakit. Diantaranya penyakit hati ataupun penyakit asam urat. Bila seseorang terlallu banyak mengkonsumsi minuman keras maka orang tersebut beresiko terkena asam urat di masa depan.

  • Berat Badan

Seseorang yang mempunyai berat badan yang berlebihan atau obesiatas, obesitas bukan menjadi penyebab diabetes dan darah tinggi ternyata obesitas bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat.

  • Obat Obatan

Mengkonsumsi obat obat tentu akan membayakan tubuh apalagi bila yang di konsumsi merupakan obat kimia, memang khasiat dari obat kimia lebih cepat dari pada obat alami atau herbal tetapi efek samping yang di akibatkan dari penggunaan obat kimia akan menyebabkan asam urat.

Setelah meningkatnya asam urat dalam tubuh, maka asam urat akan menunjukan gejala gejalanya akan bisa di rasakan oleh penderita penyakit asam urat. Penyakit asam urat tinggi yang disebabkan dari pola hidup, makanan, minuman serta aktivitas fisik yang jarang di lakukan.

Berikut beberapa  gejala asam urat tinggi :

  • Demam

Demam merupakan salah satu gejala dari penyakit asam urat dan apabila seseorang terkena dengan itu artinya orang tersebut asam urat sudah naik.

  • Pembengkakan

Pembengkakan sendi bisa terjadi akibat mengerasnya asam urat di sendi terlalu banyak, sehingga pada gejala ini akan terlihat di bagian luar tubuh. Pembengkakan juga akan terasa sakit. Pembengkak sering terjadi di bagian jari, pergelangan kaki dan tangan sehingga sangat mudah diketahui.

  • Perubahan Warna Kulit

Gejala asam urat tinggi bisa di lihat dari warna kulit di bagian permukaan yang terasa sakit warna persendian seperti memar ataupun menjadi kemerahan yang akan mengakibatkan rasa gatal dan juga kulit bisa mengelupas. Sehingga gejala asam urat tinggi bisa di lihat dari warna kulit penderitanya.

  • Sakit Sendi

Sakit sendi bukan hanya akan terasa pada saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga saja, tetapi sakit sendi merupakan salah satu gejala dari asam urat tinggi, sehingga jika di gerakan akan terasa sakit.

Diatas merupakan Penyebab Asam Urat Dan Gejalanya, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke website kami semoga bisa membantu anda yang sedang mencari apa penyebab dan gejala asam urat.

Post By : Penyebab Asam Urat Dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *